Sunday, January 13, 2013

Sistem Pembangun Jaringan Internet

Mungkin sobat pengguna internet pasti sudah sering menjelajahi dunia internet seperti Google, Yahoo, Blogger, dll. Namun apakah sobat tahu Sistem yang membentuk jaringan itu apa saja.
Jaringan internet terbentuk dengan adanya Web Server, Proxy Server, Mail Server, File Transfer Protocol (FTP) Server, dan DNS Server.

System tersebut dinamakan Sistem Integrasi. Sistem inilah yang membangun jaringan internet.

1. Web Server


Web Server merupakan sebuah layanan akses kepada user melalui protocol HTTP atau HTTPS melalui Web Browser.
Web Server yang umum digunakan adalah Apache dan Microsoft Internet Information Services (IIS)








2. Proxy Server

Proxy Server merupakan sebuah perantara yang bertindak sebagai perantara permintaan dari pengguna (client) mencari sumber daya dari server lain. Penggunalayan A terhubung ke server perantara, meminta beberapa layanan, seperti berkas, sambungan, laman, atau sumber daya lainnya, yang tersedia dari peladen yang berbeda. Server perantara menilai uji (evaluate) permintaan menurut aturan penyaringan.
Fungsi dari Proxy Server adalah :
  • Untuk menjaga mesin di balik anonim (terutama untuk keamanan).
  • meningkatkan akses ke sumber (menggunakan caching). Web proxy biasanya digunakan untuk cache halaman internet dari server web.
  • menerapkan aturan akses terhadap internet atau isinya, seperti memblok situs yang tidak diinginkan
  • Untuk melewati kontrol keamanan/ parental.
  • memindai perpindahan konten bila terdapat malware sebelumya.
  • Untuk memindai konten outbound, misalnya untuk perlindungan data dari kebocoran.
  • Untuk menghindari pembatasan regional.
 3. Mail Server

 
Mail Server adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email.
Mail Server dibagi menjadi 2, yaitu :
  • Web Mail
Adalah klien email yang menggunakan halaman Web sebagai media untuk mengelola email di sisi klien. Sesuai dengan sifat AplikasiWeb, pemakai Webmail tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak dan cukup mengisi sangat sedikit konfigurasi. Dengan kemudahan akses halaman Web dari banyak tempat, Webmail menjadi lebih disukai lagi terutama bagi mereka yang sering berganti-ganti komputer untuk akses Internet.
  • E-Mail Client
Adalah software yang digunakan untuk organisasi email, baik untuk akun email berbayar maupun yang gratis. Syaratnya, harus ada akun POP3-nya. Email Client biasa disebut juga sebagai Oulook Express.

4. FTP Server

FTP terdiri dari sebuah client dan sebuah server yang merupakan aplikasi yang memberikan akses /pertukaran transfer data antara dua komputer ( client dan server ). Transfer data ini dapat terjadi antara komputer yang berbentuk mainframe dan sebuah komputer di jaringan lokal atau transfer data dapat terjadi dari komputer kita ke server FTP melalui internet. FTP merupakan aplikasi yang sangat berguna ( powerful) karena aplikasi ini menyediakan akses kepada pengunjung atau user untuk mengakses data yang tersimpan pada server tersebut, dan dapat diakses oleh sejumlah besar komputer secara bersamaan

Proses yang terjadi pada FTP ada 2 alur, yaitu Alur yang pertama adalah proses transfer data dari komputer lokal ( komputer kita ) ke komputer server (komputer remote) yang menyediakan akses ftp, Proses ini di kenal sebagai proses UPLOAD, sedangkan proses transfer data dari komputer server ( remote ke komputer lokal ( komputer kita ) dinamakan prosess DOWNLOAD.

Bentuk dasar dari ftp adalah : ftp://host.domain

2 macam FTP berdasarkan hak akses nya :
1. FTP User
FTP user artinya ftp yang dapat di akses dan memiliki permisi hanya di batasi hanya untuk user tertentu. Karena ftp user disertakan suatu autentifikasi bila kita akan mengakses ke dalam nya.
Format dari FTP user adalah :
ftp://user@host.domain
2. FTP anonymous
FTP anonymous artinya, FTP yang disediakan secara anonymous/ tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat di akses oleh siapapun dan biasanya tanpa password, ataupun bila di minta password,. Biasanya server meminta alamat email kita sebagai password nya untuk ferivikasi.
Contoh nya :
ftp://unila.ac.id
ftp://ftp5.freebsd.org
ftp://ftp.tucows.com

5. DNS Server

Inti dari sistem integrasi adalah DNS, sebuah web tidak akan bisa berjalan tanpa adanya DNS, karena DNS atau Sistem Penamaan Domain merupakan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet. Web yang tidak memiliki DNS tidak bisa berjalan karena tidak memiliki nama domainnya.

Nah, itu lah sistem yang berjalan dibalik website yang sobat akses.
Semoga bermanfaat sob, :)

(Dirangkum dari berbagai sumber)

0 comments :

Post a Comment