Tuesday, January 8, 2013

Cara Menjaga PC/Laptop Agar Tetap sehat

Seperti halnya manusia, PC pun harus dirawat agar tetap sehat sob, karena dimana PC kita sakit/rusak, pasti kita akan merasa gelisah atau takut, masalahnya banyak data-data penting, di dalamnya, atau buat para gamer pasti akan merasa galau, apabila PC yang sering di mainkannya rusak.

Pada kali ini, saya akan memposting tentang cara menjaga agar PC/Laptop tetap sehat/dalam keadaan baik.
Saya menemukan beberapa dari situs lain lalu saya rangkum, berikut adalah tips-tipsnya :
1. Bersihkan PC/Laptop
Debu pada PC/Laptop akan membuat suhu tidak stabil, oleh karena itu bersihkanlah komponen-komponennya secara teratur, agar bebas dari debu, terutama pada blower CPU, debu yang berada di blower CPU akan menghambat perputaran kipasnya dan akan mengakibatkan Prosesor menjadi panas.

2. Ganti Thermal Pasta pada permukaan Prosesor
Apabila Thermal Pasta Prosesor sudah mengering, segera ganti Thermal Pastanya, jika tidak ada, sobat bisa menggunakan pasta gigi, karena kandungan mentolnya akan membuat prosesornya tetap dingin. Tetapi saya anjurkan untuk menggunakan Thermal Pasta yang asli, karena jika menggunakan pasta gigi akan cepat mengering.

3. Gunakan UPS
UPS akan membuat arus listrik menjadi stabil, karena jika listrik yang tidak stabil akan membuat power supply menjadi drop/down, dan apabila listrik tiba-tiba mati, PC tidak akan langsung mati, karena UPS mempunyai supply listrik, jadi ada waktu buat men-shutdown PC.

4. Cek error dan virus
Tidak selalu hardware, software pun harus di jaga agar tidak terjadi error. Utility yang di butuhkan untuk mengecek software adalah Defragmenter (baik registry, maupun harddisk), Antivirus, dan Disk Checker. Banyak software-software utilities ini, baik software bawaan Windows atau dari vendor lain, seperti Disk Defragmenter bawaan Windows, Advanced SystemCare dari IObit, Tune-Up Utilities, dll.

5. Backup
Agar terhindar dari terhapusnya file atau file terinfeksi virus, lakukan backup file, sekarang banyak media yang dapat digunakan untuk backup file-file penting, seperti Harddisk External, Flashdisk, CD/DVD-R, Kartu Memori HP (Micro SD, MMC, M2), dll. Dan backup juga system dan registrynya, apabila systemnya rusak atau registrynya error, masih bisa di restore.

6. Disiplin dalam melakukan perawatan
Kedisiplinan adalah hal yang teramat penting, buat jadwal untuk melakukan peerawatan PC, dan jangan malas untuk melakukannya.

Sekian tipsnya,
Semoga bermanfaat...

2 comments :

  1. thks sobat atas informasinya sangat bermanfaat !!

    http://myapotekacemaxs.com/

    ReplyDelete
  2. banyak dapat pencerahan,terimakasih..
    kenziemaysa.tk

    ReplyDelete