Wednesday, December 12, 2012

Ternyata Make Money From Blog Itu Tidak Mudah

Terus terang saya selalu miris menemui mindset menyesatkan yang menganggap make money from blog itu gampang. Tinggal bikin blog, isi konten (baik asli maupun hasil copy-paste), pasang iklan disana-sini dan selesai. Uang pasti di tangan.

Tapi benarkah demikian?

Mohon maaf, sayangnya
make money from blog itu tidak mudah.

Benar, Anda tetap bisa menghasilkan uang lewat blog dengan
copy-paste dan SEO. Benar, Anda tetap bisa menyebut diri Anda "$1000 Blogger" dengan teknik-teknik black hat. Namun saya pribadi yakin, pada suatu saat, pada suatu titik, pembaca blog Anda akan jengah untuk mengunjungi blog Anda lagi karena tidak ada manfaat yang bisa didapatkannya.

Hemat saya, cara berpikir menyesatkan yang menganggap bahwa menghasilkan uang lewat blog itu gampang (karena tinggal tempel-tempel iklan) tidak akan pernah berhasil setidaknya karena dua hal.

Pertama, ketika kita sekedar menjejali blog dengan iklan dimana-mana, tanpa sadar sebenarnya kita tengah menghancurkan reputasi blog kita sendiri. Pembaca blog kita pada akhirnya pasti tahu bahwa sebenarnya kita hanya sekedar ingin menghasilkan uang dengan cepat melalui blog kita. Akibatnya, pembaca blog kita pun akan dengan segera merasa malas untuk mengunjungi blog kita lagi.

Kedua, ketika kita menjejali blog dengan iklan dimana-mana dan berpikir bahwa begitulah caranya menghasilkan uang lewat blog, dengan segera kita akan menemui kekecewaan karena uang yang kita impikan justru tidak ada di tangan. Barangkali pada awalnya kita memang menghasilkan uang. Namun itu tidak akan lama. Karena memang, bukan demikian cara yang benar untuk menghasilkan uang melalui blog.

Meskipun demikian, menghasilkan uang lewat blog juga bukan berarti sesuatu tidak mungkin dilakukan. Sudah banyak bukti blogger-blogger yang menghasilkan uang
dalam jumlah luar biasa melalui blog mereka. Yang membedakan mereka adalah mindset yang benar tentang bagaimana cara menghasilkan uang lewat blog.

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang lewat blog dengan benar?

Alih-alih sibuk memikirkan program monetisasi apa yang paling gampang dan cepat menghasilkan uang, akan lebih baik apabila Anda sibuk memikirkan bagaimana Anda bisa memberikan manfaat terbesar bagi pembaca blog Anda. Buatlah blog Anda benar-benar memberi manfaat dan dibutuhkan oleh pembaca blog Anda. Buatlah blog Anda menjadi blog rujukan. Jadilah authority blogger untuk niche yang Anda pilih.

Ya, blog dengan niche dan konten yang baguslah yang pada akhirnya akan menghasilkan pundi-pundi uang terbesar ke kantong Anda. Bukan soal pilihan program monetisasi.

Sekedar catatan, bahkan 10 blog terpopuler (menurut Technorati) dengan penghasilan luar biasa adalah blog-blog dengan niche unik masing-masing (dan tentu bukan sekedar blog copy-paste kode iklan).

Jika ada waktu, tidak ada ruginya menengok dan mempelajari ke-10 blog terpopuler dibawah ini:

1. Huffington Post (Umum dan Politik)
2. TechCrunch (Web dan Berita)
3. Gizmodo (Gadget)
4. Engadget (Gadget)
5. BoingBoing (Umum dan Berita-Berita Ganjil)
6. Lifehacker (Produktivitas)
7. Ars Technica (Berita Teknologi)
8. ICanHasCheezburger (Foto-Foto Kucing Lucu)
9. ReadWriteWeb (Berita Web dan Trend)
10. Mashable (Berita Social Networking)

Jika kita tilik lebih seksama, akan jelas terlihat bahwa nyaris seluruh blog diatas memiliki konten yang unik dan luar biasa bermanfaat. "Content is still the king." Kesepuluh blog terpopuler ini menghasilkan uang dalam jumlah luar biasa karena terlebih dahulu memberikan manfaat terbesar untuk para pembacanya. Bukan yang sebaliknya.

Lalu sulitkah untuk menjadi authority blogger?

Ya. Karena itulah tidak semua blogger mampu menghasilkan uang (dalam jumlah luar biasa). Seorang Darren Rowse (pemilik ProBlogger.net) harus mati-matian mengatur waktu mengelola blognya selama beberapa tahun pertama di sela-sela 3 jenis pekerjaan part-time yang kala itu masih harus dijalaninya. Seorang Michael Arrington (pemilik TechCrunch.com) harus begadang hingga jam 4 pagi nyaris setiap hari hanya untuk mendapatkan berita-berita eksklusif teknologi terbaru yang belum diposting di blog lain. Seorang Yaro Starak (pemilik EntrepreneurJourney.com) harus mengorbankan kuliahnya karena lebih asyik dengan aktivitas blogging dan fokus memberikan konten terbaik bagi pembaca blognya.

Make money from blog sungguh tidak mudah. Berat malah.

Namun jika Anda telah memiliki mindset yang benar bahwa diperlukan usaha yang keras untuk menghasilkan uang lewat blog, ulet, sabar, tabah dan persisten untuk mencapainya, menghasilkan uang lewat blog niscaya benar-benar bukanlah sesuatu yang mustahil.

Kuncinya: berikanlah manfaat terbesar untuk pembaca blog Anda terlebih dahulu, buat blog Anda kredibel dan menjadi otoritas di dalam niche yang Anda pilih, dan baru kemudian lakukanlah monetisasi apapun seperti yang Anda inginkan.


Sumber http://www.blogguebo.com/2008/08/make-money-from-blog-itu-gampang.html

0 comments :

Post a Comment